Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022 – Perkembangan media sosial saat ini memang sudah semakin pesat mengingat saat ini peran teknologi sudah tidak dapat di lepaskan dari setiap kehidupan manusia.

Media sosial menjadi salah satu platform yang hampir di gunakan semua orang di tahun 2022. Berikut ini daftar media sosial yang paling populer tahun 2022. Media sosial tidak hanya di gunakan untuk membagikan momen penting saja. Tetapi, kini media sosial juga di pakai untuk berbagai aktivitas lain, seperti pekerjaan, bisnis, bahkan mencari pasangan.

Tidak heran, cukup banyak media sosial yang populer dan banyak di gunakan karena mempunyai banyak kelebihan. Namun, tidak dapat di pungkiri bahwa media sosial juga punya kekurangan seperti informasi hoax. Di lansir di laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pengguna internet tercatat 63 juta orang dengan 95% menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Berikut adalah rangkuman media sosial yang banyak di gunakan dan gratis versi Geraya.id:

Download Youtube Premium Apk Free No Ads

1. Youtube

Youtube

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan pertama adalah youtube. Youtube sendiri merupakan media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk melihat, mengirim, dan berbagi video.

YouTube menempati peringkat 4 aplikasi gratis teratas dan peringkat 2 aplikasi foto dan video. Di tahun 2021, YouTube kian populer di Indonesia, dengan berbagai content creator-nya. Di lansir dari Wikipedia, YouTube adalah situs web berbagi video yang di buat oleh tiga mantan karyawan Paypal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Berdasarkan data yang di himpun dari We Are Social telah tercatat bahwa 88% orang Indonesia telah menggunakan media sosial Youtube.

Ini artinya bahwa dari 150 juta pengguna media sosial di indonesia, sekitar 132 juta orang sudah menggunakan Youtube.

2. Whatsapp

WhatsApp

Pada urutan kedua Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan oleh orang Indonesia selanjutnya adalah whatsapp. Whatsapp atau yang biasa di sebut dengan WA merupakan media sosial chatting tanpa menggunakan biaya, namun cukup menggunakan koneksi internet saja.

Aplikasi ini menyediakan layanan pesan dan panggilan hanya dengan internet. WhatsApp di rilis pada 2009 dan menjadi salah satu media yang paling banyak di gunakan hingga sekarang.

Di himpun dari data We Are Social, telah tercatat bahwa 83% orang indonesia telah menggunakan media sosial whatsapp. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 125 juta orang sudah menggunakan WhatsApp.

Download Whatsapp Aero Mod Apk Versi Terbaru Fitur Premium Gratis

3. Instagram

Media Sosial Instagram

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan berikutnya adalah Instagram. Instagram atau orang Indonesia sering menyebutnya dengan singkatan IG merupakan media sosial yang memungkinkan bagi penggunanya untuk berbagi foto dan video serta membuat cerita singkat pada fitur stories.

Instagram adalah media sosial dengan pengguna terbanyak selanjutnya. Instragram merupakan media sosial yang memberikan layanan berbagi foto atau video secara daring. Selain bisa menggunggah foto atau video, Instagram juga mempunyai beberapa fitur lain. Seperti Instastories,IGTV,Direct Message,dan Video Call. Selain itu, Instagram juga di gunakan sebagai tempat orang berjualan online.

Berdasarkan data yang di himpun We Are Social, tercatat 80% orang Indonesia yang menggunakan media sosial Instagram. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 120 juta orang sudah menggunakan Instagram.

4. Facebook

Media Sosial Facebook

Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak juga. FB Di Luncurkan tahun 2004 oleh Marc Zuckerberg. Facebook terus berkembang dan bertahan hingga sekarang. Baru-baru ini, Facebook telah mengganti nama perusahaannya menjadi Meta. Meta merupakan perusahan yang menaungi berbagai media sosial, yakni WhatsApp, Instragram, termasuk Facebook. Tercatat di App Store, media sosial yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan berbagai aktivitas secara daring ini menempati peringkat 9 aplikasi gratis teratas dan peringkat 2 aplikasi jejaring sosial.

Facebook merupakan aplikasi media sosial yang dapat di katakan lengkap karena kita dapat berkomunikasi dengan orang lain, berbagi video, membuat suatu grup atau perkumpulan, membuat jadwal bersama, dan sebagainya.

5. Tiktok

Tiktok

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan berikutnya adalah tik tok. Siapa sangka, Tik tok ternyata masuk dalam 10 besar sosial media terpopuler saat ini. Aplikasi yang di luncurkan pertama kali pada 2016 dan di kembangkan oleh perusahaan ByteDance yang bermarkas di China.

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang banyak di gunakan d Indonesia. Tiktok menempati posisi 5 aplikasi gratis teratas dan menempati posisi 1 aplikasi hiburan di App Store.

Media sosial ini merupakan platform yang bisa memungkinkan para pengguna membuat dan membagikan video musik kreatif. Tiktok terbilang media sosial yang sangat cepat populer, karena baru di rilis tahun 2016 lalu. Anda bisa berbagi video berdurasi pendek yang menampilkan musik sebagai latar belakang dan dapat di edit seperti di percepat, di perlambat, ataupun di tambah filter baru.

Sebagai aplikasi yang memiliki jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 500 juta orang, Tik tok tak hanya dapat di gunakan untuk membuat video pribadi. Namun juga bisa melakukan duet dengan teman yang kamu pilih untuk membuat video menarik.

6. Twitter

Twitter

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan oleh orang Indonesia selanjutnya adalah twitter. Twitter merupakan media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan teks hingga 200 karakter ataupun yang lebih sering di sebut dengan kicauan atau tweet.

Berdasarkan data yang di himpun We Are Social, telah tercatat bahwa 2% orang Indonesia yang menggunakan media sosial Twitter. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 78 juta orang sudah menggunakan Twitter.

7. Line

Media Sosial Line

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan berikutnya adalah Line. Line merupakan media sosial asli Jepang yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi, membuat sebuah grup atau perkumpulan, menyimpan gambar dan video, serta adanya fitur stiker pada aplikasi ini membuat media sosial Line semakin di minati.

8. Reddit

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan berikutnya adalah reddit. Reddit di kenal sebagai tempat untuk berdiskusi dalam bentuk konten dengan berbagai topik. Media Reddit di dirikan oleh Steve Huffman, Aaron Swartz, dan Alexiz Ohanian, Reddit berhasil didirikan pada tahun 2005 di Amerika Serikat.

Media Sosial Reddit adalah sebuah forum yang kira-kira hampir sama seperti Kaskus, hanya saja Redit lebih besar. Pengguna Reddit hingga saat ini telah mencapai lebih dari 330 juta pengguna di seluruh dunia.

9. Telegram

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan berikutnya adalah Telegram. Telegram adalah aplikasi layanan berkirim pesan instan multiplatform berbasis cloud yang bersifat gratis dan nirlaba. Tak hanya dapat di gunakan melalui perangkat ponsel, apa itu Telegram adalah bisa di gunakan melalui perangkat PC. Telegram adalah aplikasi messenger berbasis cloud mempunyai proses sinkronisasi yang mulus.

9. Pinterest

Pinterest

Pinterest merupakan aplikasi virtual pin-board yang memungkinkan Anda untuk bis mengunggah foto yang bisa di masukkan ke dalam kategori-kategori semacam album ataupun folder. Misalnya apabila Anda membuat album bernama petualangan, maka semua foto yang ada di dalamnya berkaitan dengan petualangan.

Berbeda dengan sosial media lainnya yang kebanyakan mengharuskan pengguna untuk mengikuti akun pengguna lain, di Pinterest Anda tetap dapat melakukan re-pin pada pin milik akun lain (repin sama seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard terlebih dahulu.

10 Tumblr

Tumblr

Tumblr Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan juga pada saat ini. Tumblr merupakan platform mikroblog sekaligus jejaring sosial yang akan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan konten dalam bentuk blog pendek.

Jejaring sosial yang di luncurkan oleh Tumblr, Inc pada tahun 2007 ini telah di gunakan oleh lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. Tumblr dapat di gunakan untuk memposting tak hanya tulisan saja, namun juga dapat memposting foto, video, audio, dan lainnya.

11. LinkedIn

Terakhir Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan adalah LinkedIn. Media ini merupakan salah satu situs jejaring sosial media yang berorientasi pada bisnis dan jaringan profesional. Secara umum, LinkedIn di gunakan untuk memajang keahlian dan pengalaman yang di miliki seseorang, baik itu karyawan, pengusaha, dosen, hingga mahasiswa. Melalui LinkedIn, seseorang dapat membuat profil profesional dengan menambahkan CV (Curriculum Vitae) foto, pendidikan, hingga berbagai pengalaman lain.

Untuk pertama kalinya, LinkedIn di mulai oleh Reid Hoffman dari ruang tamunya pada tahun 2002 dan meluncur secara resmi pada 5 Mei 2003.

Demikian itulah 11 Media Sosial terpopuler Khususnya di Indonesia. Semoga Menambah Wawasan ilmu pengetahuan bagi Sobat semua. Dan yang paling penting bijaklah dalam menggunakan sosial media itu sendiri.

Sumber : merdeka.com, kontan.co.id


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.