Jenis Layar Sentuh (Touchscreen) – Pada Saat ini Layar sentuh atau touch screen merupakan pengembangan baru di dunia technologi. Di mana dalam interakasi antara pemakai dengan perangkat seperti gadget, pc, dsb bisa di lakukan dengan memanfaatkan sentuhan pada layar. Pada zaman saat ini teknologi layar sentuh atau touch screen kerap di gunakan pada ponsel android, laptop, pc serta yang lainya.

Teknologi yang ini sekarang sudah banyak di pakai pada gadget android, pc, netbook sampai tv. Akan tetapi apa kalian telah mengetahui apakah yang di maksud dengan Touch screen atau yang kerap disebut layar sentuh? Kalau belum, maka kalian wajib buat memerhatikan penjelasan di bawah ini.

Penjelasan Touchscreen

Sebelum mengetahui jenis layar sentuh, Baiknya simak terlebih dahulu Penjelasan Touchscreen.

Touchscreen sebuah perangkat berwujud penampakan visual yang di mana pemakai bisa mengontrol dengan cara memanfaatkan sentuhan jari tangan atau pen. Dengan memanfaatkan teknologi Touchscreen user/pengguna semakin di ringankan dalam menjalankan suatu perangkat.

Disamping itu untuk penjelasan Touchscreen ini menambah nilai suatu perubahan dalam bagian teknologi. Perangkat yang sudah memanfaatkan teknologi Touchscreen maka dapat di katakan semakin maju ketimbang yang belum memanfaatkan teknologi Touchscreen. Selain itu, touchscreen saat ini udah banyak di gunakan dalam perangkat yang kita gunakan tiap hari. Teknologi Touchscreen banyak pula di gunakan pada bagian manufaktur yang membutuhkan tingkat keakuratan yang tinggi.

Banyak produk teknologi saat yang mengangkut gagasan layar sentuh atau Touchscreen. Diantaranya yaitu perangkat ponsel. Brand mobile ponsel saat ini hampir semua telah memanfaatkan Touchscreen sebagai media input untuk menjalankan fungsi-fungsi yang berada di dalamnya. Sejumlah brand yang terkenal pun udah memanfaatkan Touchscreen. Yakni seperti, samsung, Iphone, Windows Phone, Evercross Asus, Lenovo dan lainnya yang di maksud ketegori mobile phone. Selain tersebut produk pc dari brand itu juga mengangkut teknologi Touchscreen sebagai medium inputnya.

Teknologi ini pertamanya kali di ketahui oleh E.A Johnson di Royal Radar Estabilishment, Malvern Inggris di tahun 1965-1967. Ini pun udah di sepakati oleh banyaknya sejarawan. IBM Simon sebagai telpon layar sentuh pertama ketika dikeluarkan di tahun 1992. Mobile-phone ini yaitu versi tahun 1992 dari I-Phone saat ini. Itu merupakan layar sentuh, portabel, miliki kalkulator, e mail, serta bisa bekerja di jaringan.

Dan Penjelasan Untuk Fungsi Touchscreen atau layar sentuh sendiri punya fungsi yang sama seperti perangkat input yang lain. Yaitu untuk mengirim data berwujud data arahan yang harus di kerjakan oleh prosedur. Perangkat Touchscreen sudah terhubung terus dengan layar monitor. Oleh Karenanya kita sebagai pengguna tidak bisa mengarahkan perangkat Touchscreen dari tempat satu ke tempat lainya tampa mengarahkan layar monitornya.

Jenis atau Tipe Touchscreen

Teknologi Layar sentuh atau Touchscreen ini pun terbagi menjadi beberapa Tipe atau Jenis Layar. Di antaranya yaitu: Tipe Resistive Touchscreen,Tipe Capacitive Touchscreen,Surface Acoustic Wave Mekanisme,Infrared / Sensor Infra Merah, dan Tipe Multi-Touchscreen.

Resistive Touchscreen

Resistive Touchscreen Merupakan jenis layar sentuh Yang di Lapisi susunan tipis dengan warna metalik. Di mana mempunya sifat konduktif serta Resistif pada sinyal-sinyal listrik. Lapisan yang punya karakter konduktif sebagai skema yang mudah untuk mengantar listrik. Serta resitif sebagai segi yang menangkal arus listriknya.

Perangkat dengan Jenis Layar Resistive Touchscreen di operasionalkan dengan didesak, karena resistive screen ini terdiri dalam sejumlah layer. Layar yang fungsikan teknologi touchscreen ini miliki tingkat kejernihan 75% di mana dapat membuat monitor terlihat kurang jernih.

Di samping itu, jenis layar Resistive Touchscreen ini pun pun rawan ataupun kurang kuat pada sentuhan dari benda tajam. Tidak hanya itu, Resitive Screen ini pun miliki kekurangan. Di mana apabila di masukkan di kantong celana ketika tertekan-tekan maka layar jadi remuk.

Capacitive Touchscreen

Capacitive Touchscreen sebuah jenis layar sentuh yang memanfaatkan kapasitansi alami badan manusia sebagai sensor sentuhan. Pada prinsipnya Badan manusia yang sanggup menyimpan daya listrik alami hingga sampai sejumlah jumlah kilo-volt. Bekerja dengan menghitung interaksi antara sinyal elektrik pada transparent grid di atas layar serta jari tangan beberapa pengguna.

Perangkat dengan capacitive screen tak bekerja dengan di tekan, screen type ini mempercayakan sensor electrode konduktor, seperti jemari tangan kita. Layar capacitive ini tetap bagus di tonton di bawah sinar matahari. Hanya sentuhan ringan dapat langsung aktifkan screen.

Layar ini pun di tambahkan dengan 1 skema pembungkus di mana di buat dengan bahan indium tinoxide. Kecuali ituLayar ini dapat bekerja apabila sentuhan tiba dari benda. Di mana punya karakter konduktif seperti jari serta tak dapat memanfaatkan benda yang lain seperti stylus, kuku dan lain sbgnya. Tingkat kejernihan dari gambar yaitu sebesar 90%.

Surface Acoustic Wave Mekanisme

Adapun jenis layar sentuh / touchscreen lainnya yaitu surface acoustic wave system. Di mana type monitor ini sudah menggunakan gelombang ultrasonic yang dapat mengenali peristiwa di atas layar.

Pada monitor ini ternyata ada 2 transduser yakni pengirim serta yang menerima. Selaini itu, layar ini pun udah di tambahkan dengan reflector. Di mana punya fungsi untuk meredam biar gelombang ultrasonic tetap ada dalam tempat monitor.

Ketahu Juga : Jenis jenis Panel Layar Hp

Infrared / Sensor Infra Merah

Jenis layar sentuh ini ambil sensor inframerah pada monitornya. Kebanyakan type monitor ini punya segi frame sendiri untuk taruh sensor-sensor tercatat di atas layar.

Cara kerja sensor ini yaitu semasing sisi sensor sama menembakan cahaya inframerah yang membuat sesuatu grid. Saat jari tangan atau satu benda lewat grid itu, karenanya pc membacanya sebagai sentuhan.

Touchscreen type infrared (IR) saat ini semakin banyak di jumpai pada mobile-phone touchscreen serta monitor spesifik. Harga touchscreen IR di jumpai lebih dapat terjangkau di perbandingkan dengan teknologi capacitive screen.

Multi-Touchscreen

Jenis Layar sentuh yang terakhir yaitu multi touch screen. Ini sebagai monitor sentuh di mana bisa di sentuh dengan memanfaatkan sejumlah jari secara berbarengan. Layar sentuh ini bisa juga di gunakan untuk mengurangi serta membesarkan objek yang terdapat pada layar. Adapun type layar sentuh yang ini pun kebanyakan di gunakan untuk pc, mobile phone serta masih banyak kembali.

Penutup

Tentunya Kehadiran teknologi touchscreen memang memberi kemudahan untuk siapa saja saat melakukan pekerjaan. Begitulah pembahasan mengenai Jenis Jenis Touchscreen atau layar sentuh. Semoga informasi ini sedikitnya bisa bermanfaat dan berguna untuk menambah wawasan pengetahuan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.